Jumat, 29 Juli 2011

TIM MEDIS "PELAYANAN MEDIS INTENSIF"

          Pasien yang mengalami keadaan gawat dan kritis merupakan pasien-pasien yang menderita problem kesehatan pada derajat sangat berat, pada umumnya juga bukan hanya mengalami problem simple dan bersifat tunggal, pasien demikian adalah pasien yang mengalami problem "ganda" dan kompleks. Oleh karenanya tata laksana pasien kritis sedemikian akan dilakukan oleh lebih dari satu orang dokter intensivist, perawatan dan pengobatan akan dilakukan oleh "Tim Medis Intensive Care" . Para dokter penyelenggara pelayanan di ICU ini adalah para dokter yang terdiri atas berbagai latar belakan keahlian dan spesialisasi, yang mempersamakan mereka adalah bahwa mereka adalah para "intensivist" atau minimal adalah para dokter spesialis yang memiliki dan telah mengikuti "Course" minimal dibidang antara lain: Advanced Cardiac Life Support, Advanced Trauma Life support dan Fundamental Critically Care Society.

          Tim Medis Intensive Care (TMIC) merupakan organisasi para dokter yang secara bersama bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pelayanan pengobatan dan perawatan pasien selama di ICU. Tim Medis Intensive Care ini dalam operasionalisasi sehari-hari dibawah kepemimpinan seorang Ketua Tim Medis Intensive Care (KTMIC) yang mengkoordinasikan upaya penyembuhan pasien.

          Secara institusional TMIC adalah para profesional yang bertanggung jawab atas kualitas pelayanan bagi institusi ICU. Ketua bersama para anggota melakukan telaahan diskusi-diskusi, analisis-analisis berhubungan dengan pelayanan yang dilakukannya.Koreksi dan pengembangan pelayanan ICU sangat mungkin berangkat dari recomendasi tim medis intensif seperti ini.

          Analisis-analisis medis profesional sangat berguna bagi perbaikan kualitas pelayanan medis intensif.

          "Peer Review" di bidang klinis medis sangat potensial dan sangat kompeten bagi pengembangan ilmu kedokteran dan pelayanan medis intensif di ICU.  

Tidak ada komentar: